Submit dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster

Setelah selesai membuat blog, anda harus mendaftarkan blog ke google webmaster agar blog segera diindeks mesin pencari google dan yang berkaitan. Termasuk juga memverifikasi kepemilikan blog, maksudnya anda adalah pengguna dan pengelolah blog tersebut.

Google search engine adalah mesin pencari terbaik yang sudah melayani para netter selama beberapa tahun. Banyak perbaikan dan penambahan fitur untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan. Penampilan yang sederhana dan penggunaan yang mudah membuat kita enggan berpaling ke lainnya.

Oleh karena itu, para pembisnis online berlomba-lomba bersaing untuk menjadi yang terbaik di urutan teratas pencarian. Jadi blog anda jangan mau dianak-tirikan google, apalagi dibuang alias tidak terindeks.

Cara Submit Blog ke Google Webmaster Tools
1. Buka browser, masuk dulu ke blogger. Agar tidak keliru dengan email google lainnya jika punya banyak akun gmail.
2. Buka tab baru, kunjungi google.com/webmasters/tools/
3. Jika blog anda sudah ada di beranda, lewati ke tahap 4. Jika belum ada Tambahkan properti dan masukkan alamat blog. Akan muncul beberapa metode verifikasi

tambahkan properti blog

Tutorial Verifikasi Tag HTML ke Template
4. Pilih metode Tag HTML, salin kode tersebut.

verifikasi tag html

5. Buka blog, pada menu Template, pilih edit html. Paste atau tempel kode verifikasinya di bawah kode <head>. Lalu simpan template
Jika template blog yang digunakan sudah ada nama meta verifikasi google, anda tinggal mengubah isi content. Misal, ubah xyz sesuai dengan tahap 4.
<meta content='XYZ' name='google-site-verification'/>

6. Kembali ke google webmaster, klik Verifikasi.
7. Selamat anda telah berhasi memverifikasi kepemilikan blog anda.

Hal yang perlu anda ingat adalah jangan pernah menghapus kode verifikasi tersebut. Kesalahan ini sering terjadi ketika memasang template baru, jadi pelajari cara cara mengganti template yang benar.
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar