Mengatur Bahasa Atribut Tag Lang ID Indonesia

Setiap situs web dan blog tentu mimilih bahasa tertentu sesuai dengan target pembaca. Misalnya blog Optimal Blogger ditujukan khususnya bagi orang Indonesia, jadi bahasa yang digunakan adalah Indonesia. Jika memakai bahasa alien pasti para pengunjung langsung kabur sebelum membaca.

Selain alasan target pembaca, menentukan bahasa blog juga berguna untuk mengoptimalkan seo (serach engine optimization). Setelan bahasa yang benar membantu mesin penelusur menemukan konten yang sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Cara Mengatur Setelan Bahasa Indonesia di Blogger
Sebenarnya caranya cukup mudah, anda tinggal menuju ke menu Setelan. Lalu arahkan ke Bahasa dan Pemformatan, pilih Indonesia di kolom bahasa. Terakhir, simpan setelan.
setelan bahasa blog


Namun ketika dicek di seoquake, hasilnya atribut tag lang (language/bahasa) tidak ditemukan di html. Padahal di dalam template bawaan sudah ada atribut expr:dir='data:blog.languageDirection'. Untuk itu harus diperbaiki, berikut ini beberapa percoban yang aku lakukan.

Meta Language Tag
Dari hasil penelusuran google, ada yang menyarankan penggunaan meta untuk bahasa, seperti berikut:
<meta content='id' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='id' name='language'/>

Setelah aku salin-tempel di bawah kode <head> di html template, ternyata hasilnya di seoquake tidak jauh berbeda. Atribut bahasa hanya ditemukan di META, tapi tidak di tag 'lang'. Bahkan ternyata W3C tidak merekomendasikan penggunaan dua meta tersebut.

Tag Lang id Indonesia di HTML
Untuk memasang atribut tag lang Indonesia, kita harus mengenali dulu tipe dokumen web. Jika berbentuk HTML, menggunakan atribut lang='id'. Jika bentuknya XML, atributnya xml:lang='id'.

Dokumen blogspot bentuknya html, tapi aku kadang bingung kenapa banyak atribut xml di dalamnya. jadi aku iseng-iseng menambahkan atribut xml:lang dan xmlns:lang di dalamnya, tapi hasilnya nihil. Contoh template default:
<html b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

Penggunaan tag lang valid untuk bahasa Indonesia adalah lang='id', jadi hasilnya seperti ini.
tag lang id


Contoh Tag Language di Website Bahasa Indonesia
Tag(lang) dan subtag bahasa indonesia ada beberapa yang digunakan, silahkan dilihat di IANA Language Subtag Registry.Jadi untuk memastikan apakah subtag id tepat digunakan, mari cek situs ternama.

1. google.co.id
Google indonesia secara jelas menggunakan subtag id
<html itemscope="" itemtype="http://schema.org/WebPage" lang="id">

2. id.yahoo.com
Yahoo indonesia menggunakan subtag id untuk bahasa (language) dan subtag ID untuk wilayah (region). Selain itu, ada atribut tag id="stencil" mungkin untuk membedakan bahwa subtag id bukanlah elemen lain.
<html id="Stencil" lang="id-ID" class="StencilRoot  my3columns ua-ff ua-win ua-10.0 ua-ff38_9  l-out Pos-r https fp fp-default ltr desktop Desktop bkt713">

3. facebook.com
Facebook bahasa indonesia juga memakai subtag id, serta memakai tag id="facebook" untuk memperjelas.
<html lang="id" id="facebook" class="no_js">

4. kaskus.co.id
Berbeda dengan tiga sebelumnya, kaskus menggunakan subtag ID (huruf besar). Jika melihat di IANA, huruf besar menunjukkan area/wilayah.
<html lang="ID" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">


Kesimpulan, untuk mengatur bahasa indonesia valid di blog yaitu dengan merubah bahasa di menu setelan. Kemudian menambahkan tag lang='id' di html.
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar