Persiapan Membuat Blog Pribadi dan Bisnis

Buat blog memang mudah, tapi bagaimana caranya agar ada yang mengunjungi blog anda. Kan percuma dan tidak ada manfaatnya jika tidak ada pembaca. Maka dari itu, persiapan sangat penting sebelum membuat blog.

Tujuan Ngeblog
Buat blog untuk kepentingan pribadi atau bisnis?

  • Blog pribadi: biasanya berisi tentang catatan harian, karya seni sendiri, bahan sekolah dan kuliah, dll. Gaya bahasa juga bebas. Namun tetap saja, anda setidaknya punya sedikit dasar seo, agar artikel anda diindex google dan bermanfaat bagi orang lain.
  • Blog bisnis: ditujukan untuk mendapatkan penghasilan online. Anda wajib belajar teknik-teknik seo untuk meningkatkan trafik pengunjung blog.

Banyak blog pribadi yang nantinya digunakan untuk blog bisnis, untuk mendapatkan penghasilan pasif tambahan.

Tema Blog
Menentukan tema blog biasanya untuk keperluan bisnis. Ada pembatas topik yang dibahas. Tema tertentu sangat mempengaruhi ranking blog di mesin pencari. Ini juga bisa memberikan klik unik pada iklan yang dipasang. Tapi para blogger banyak yang menggunakan banyak topik.

Deskripsi dan Kata Kunci (keyword)
Deskripsi (description) digunakan untuk menjelaskan apa yang dibahas di blog kalian, merujuk pada tema/topik blog. Keyword sangat mempengaruhi rasa cinta mesin pencari (google, bing, yahoo, yandex, dll) terhadap blogmu. Selanjutnya nanti akan dibahas lebih rinci.

Template Blog
Memilih dan mengganti template blog sangat penting, carilah template yang responsive, mobile friendly, dan seo friendly. Usahakan juga simple agar loading cepat, tapi jangan terlalu minimalis, biar kesannya tidak membosankan. Salah satu template yang memenuhi kriteria tersebut adalah Baronsider Template.

Judul dan Alamat URL Blog
Gunakan judul dan url yang berhubungan dengan topik blog. Ingat jangan gunakan judul dan url yang panjang, tapi jangan terlalu pendek.

Buat Blog Baru
Membuat blog di blogspot sangat mudah dan gratis, syaratnya anda harus mempunyail email google (gmail).
1. Kunjungi situs blogger.com/
2. Klik Blog Baru
3. Isi judul dan alamat blog. Gunakan template bawaan dulu. Lalu klik Buat Blog!
4. Pada menu Template, ubah dengan template baru.

buat blog baru

Setelah blog selesai dibuat, ada tahap-tahap berikutnya yang harus dilakukan untuk memgoptimalkan blog. Jadi tetap stay on di optimal blogger.
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar